Liganesia.com » polemik pssi » Shin Tae-Yong Melunak Soal Lokasi Pelatnas Timnas Indonesia U19

Shin Tae-Yong Melunak Soal Lokasi Pelatnas Timnas Indonesia U19

by Irman Setiawan
Shin Tae-Yong

Shin Tae-Yong bantah hubungannya dengan PSSI memburuk (foto: Yulius Satria Wijaya/Antara)

Liganesia.com, 22 Juni 2020 – Manajer Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, membantah bahwa hubungannya dengan PSSI sedang memburuk. Ia juga mengatakan bahwa gelaran Pelatnas Timnas U19 bisa dilaksanakan di mana saja. Tae-Yong pun sepertinya mulai melunak soal rencana untuk melaksanakan Pelatnas untuk Timnas U19 di Korea Selatan, negara asalnya.

Dikutip melalui Kantor Berita Korea Selatan Yonhap, Shin Tae-Yong menyampaikan bahwa ia tidak ingin perbedaan pendapat tentang masalah lokasi pemusatan latihan yang berkembang antara PSSI dan dirinya mengganggu hubungannya dengan induk olahraga Sepakbola Indonesia ini. Ia tidak ingin hal tersebut menjadi polemik yang berkelanjutan.
“Awalnya saya berencana mau membawa tim nasional U-19 Indonesia ke Gyeongju, Korea Selatan. Namun sebenarnya saya bersedia jika tim berlatih di mana pun,” jelas Tae-Yong.
Pria yang pernah menjadi pelatih Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 itu sempat mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya memang ingin agar pemusatan latihan Timnas berlangsung di Korea Selatan karena kekhawatiran dengan kondisi penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia bisa mengganggu konsentrasi persiapan tim.
Tae-Yong juga mengatakan bahwa selain masalah konsentrasi tim, berlatih di Korea Selatan akan membuat Timnas U19 dapat merasakan atmosfer Sepakbola internasional melalui berbagai uji coba di Korea dan negara – negara lainnya.

“Sebelum Korea Selatan meraih prestasi luar biasa di Piala Dunia 2002, tim yang dilatih Guus Hiddink itu merasakan latihan dan pertandingan di luar negeri di mana mereka sempat kalah 0-5,” kata juru latih berusia 51 tahun itu.
Akan tetapi, keinginan tersebut tidak disetujui oleh PSSI yang berharap pemusatan latihan berlangsung di Indonesia. Perbedaan pendapat itu membuat kabar soal memburuknya hubungannya dengan PSSI yang jadi polemik di Tanah Air.
Tae-Yong menjelaskan bahwa ia tidak mau memikirkan hal itu, ia ingin fokus saja untuk membawa Timnas Sepakbola Indonesia berprestasi.
“Media di lokal (Indonesia) melaporkan bahwa saya memiliki konflik dengan PSSI. Bagi saya itu tidak penting karena yang utama adalah rakyat Indonesia ingin melihat kemampuan tim nasionalnya meningkat dan meraih prestasi,” kata dia.
Shin Tae-Yong pun masih berhasrat besar membawa Indonesia tampil ‘menggigit’ di Piala Dunia U-20. “Tidak mudah memang meraih kemenangan. Akan tetapi, saya tidak mau mengecewakan masyarakat Indonesia di Piala Dunia U-20. Saya berharap kami semua dapat menciptakan momen yang menyenangkan bersama-sama,” ujar Shin.
Pada tahun 2020, Shin Tae-Yong menangani dua tim nasional Indonesia yaitu timnas senior dan U-19 berlaga di kompetisi internasional.
Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.
Meski peluang lolos ke putaran ketiga sudah tertutup, PSSI ingin timnas mendapatkan hasil terbaik demi mendongkrak peringkat FIFA. Selain timnas senior, Shin Tae-Yong juga menangani timnas U-19 Indonesia yang akan berlaga Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.
Timnas U-19 tersebut diproyeksikan menjadi timnas U-20 yang akan bertanding di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Lihat Juga..

Leave a Comment