Liganesia.com » borussia dortmund » Sepakbola Resmi Telah Kembali….

Sepakbola Resmi Telah Kembali….

by Apriyandi
Selebrasi Jaga Jarak Sosial

Erling Halaan selebrasi gol jaga jarak sosial (foto: REUTER/Marlin Meissner)

Liganesia.com, 17 Mei 2020 – Sepakbola resmi telah kembali. Setelah selama lebih dari 2 bulan hampir seluruh kompetisi sepakbola tihentikan akibat adanya pandemik virus Corona (Covid-19), Jagad sepakbola kemaren malam kembali riuh,  dengan digulirkannya kompetisi Bundesliga Jerman yang secara resmi mulai menggulirkan lanjutan laga – laga sisa guna menyelesaikan kompetisinya.

Kembalinya event – event sepakbola dunia juga ditandai dengan kosongnya stadium dari para fans, suporter dan penonton, sajian pertandingan hanya bisa dinikmati melalui siaran televisi dan streaming online, serta penggunaan masker oleh semua orang yang terlibat, termasuk pelatih dan pemain – pemain cadangan.

Pemain cadangan duduk

Jarak bangku pemain cadangan agak berjauhan (foto: REUTER/Marlin Meissner)

Hanya pemain yang tampil dilapangan yang tidak mengenakan masker. Sementara itu, selebrasi – selebrasi atas gol – gol yang tercipta pun ikut terpengaruhi dengan trend jaga jarak sosial.

Bundesliga Jerman menjadwalkan 6 laga pembuka pada Hari Sabtu, 16 Mei 2020, kemaren malam, dilanjutkan dengan 2 laga pada hari ini, Minggu 17 Mei 2020, antara FC Koln v FS V Mainz 05 dan FC Berlin v FC Bayern Munich, keputaran minggu ini ditutup oleh 1 laga pada Selasa, 19 Mei 2020 antara SV Werder Bremen Vs Bayer 04 Leverkusen.

6 pertandingan Bundesliga Jerman yang telah diselesaikan tersebut memberikan sebuah gambaran jelas tentang arah keberlangsungan event – event olahraga besar dan punya banyak penggemar didunia ini diselenggarakan saat berada dalam situasi yang sulit dan terbatas seperti sekarang ini.

Stasion kosong

laga – laga Bundesliga tanpa kehadiran penonton (foto: Pool Via AP/Matthias Hangst)

Entah akan berlangsung sampai kapan situasi seperti ini akan kita lihat dan rasakan, belum ada satu pihak yang memiliki otoritas atas bidangnnya masing – masing mampu memberikan jawaban yang pasti.

Orang – orang yang tidak setuju dengan digulirkannya kembali event – event apapun dalam situasi pandemik ini tidak kurang banyak suaranya mempertanyakan aspek moral yang dijadikan acuan oleh penyelenggara event kemaren.

Memang semua pihak terlihat begitu canggung dalam masing – masing perannya saat keadaan seperti ini, bahkan para penggemar merasakan ada yang kurang dan hilang dari apa yang biasanya dinikmati. Namun setidaknya event sepakbola yang kemaren dilaksanakan itu mampu memberikan semangat baru guna menghadapi kelesuan yang dirasakan oleh banyak orang atas keadaan pandemik.

Mudah – mudahn situasi dunia olahraga dan sepakbola dapat segera terbebas dari pengaruh pandemik dan kembali normal seperti sedia kala.

Lihat Juga..

Leave a Comment